NUANSA
Vol 7 No 1 (2018): Edisi Maret - Agustus 2018

Efektivitas Pembelajaran Fisika Dasar dengan Menggunakan Metode Ekspositori dan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Tingkat Kreativitas Mahasiswa

Kamaluddin, Kamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan penggunaan menggunakan metode ekspositori dan metode resitasi  terhadap hasil belajar fisika dasar. 2) Perbedaan kreativitas tinggi dan kreativitas rendah terhadap hasil belajar fisika dasar. 3) Interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Prodi Matematika dan Prodi PGSD semester 1. Sebagai sampel diambil dua kelas sebanyak 35 mahasiswa yang kemudian dijadikan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Prodi Matematika sebanyak 18 mahasiswa diberikan pendekatan menggunakan metode ekspositori sedangkan Prodi PGSD sebanyak 17 mahasiswa diberikan pendekatan menggunakan metode resitasi dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar fisika dasar, metode angket untuk data kreativitas mahasiswa. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi (anova) dua jalan. Hasil penelitian menunjukan bahwa antara penggunaan metode pembelajaran dan kreativitas mahasiswa memberikan pengaruh sendiri-sendiri terhadap hasil belajar mahasiswa. Tidak adanya interaksi antara pengaruh tersebut terjadi karena mahasiswa yang memiliki kreativitas kategori tinggi dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kreativitas yang kategori rendah walaupun digunakan metode ekspositori maupun  metode resitasi dalam pembelajaran fisika dasar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nuansa

Publisher

Subject

Education

Description

Nuansa: Jurnal ilmiah pendidikan berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis ...