NUANSA
Vol 6 No 2 (2018): Edisi September 2017-Februari 2018

Pembelajaran Sebagai Media Komunikasi

Syatriadin, Syatriadin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

Komunikasi dalam pembalajaran mendapatkan perhatian yang luar biasa. Tentu dalam hal ini dilatarbelakangi pentingnya memilih cara komunikasi dalam proses pembelajaran agar kegiatan tersebut mencapai tujuan secara efektif dan efesien. Komunikasi yang efektif berkolerasi dengan tingkat keberhasilan pembelajaran. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari sumber pesan ke penerima pesan melalui saluran atau media tertentu. Proses komunikasi dalam pembelajaran ini merupakan pengajar yang menjalankan fungsinya sebagai pemberi pesan, pembelajar sebagai penerima pesan, materi sebagai pesan, media pembelajaran sebagai media komunikasi, dan faktor lain sebagai umpan balik. Berdasarkan uraian diatas, jelas tergambar bahwa media merupakan bagian dari proses komunikasi. Baik buruknya sebuah komunikasi ditunjang oleh penggunaan saluran dalam komunikasi tersebut. Saluran/channel dimaksud diatas adalah media. Karena pada dasarnya pembelajaran merupakan proses komunikasi, maka media yang dimaksud adalah media pembelajaran

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nuansa

Publisher

Subject

Education

Description

Nuansa: Jurnal ilmiah pendidikan berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis ...