PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN
PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN 2018 BUKU I

KAJIAN TINGKAT KEBISINGAN DI BANDARA INTERNASIONAL HALIM PERDANA KUSUMA, JAKARTA TIMUR, DKI JAKARTA

Nur Juwita Handayani (Unknown)
Endro Suswantoro (Unknown)
Mawar DS Silalahi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2018

Abstract

Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma adalah salah satu bandara yang ada di Indonesia, spesifikasi panjang  landasan pacu (runway) yang berdimensi 45 m x 3000 m. Intensitas kebisingan bandara ditentukan oleh jumlah pesawat terbang yang beroperasi selama 24 jam, penelitian kebisingan di Bandara Halim Perdana Kusuma ini dilakukan pada 12 titik pengukuran menggunakan Sound Level Meter. Tujuan penelitian (1)mengetahui intensitas kebisingan yang ditimbulkan dari adanya aktifitas pesawat terbang yaitu tinggal landas (take off), dan mendarat (landing), (2)menghitung indeks kebisingan dengan metode Weighted Equivalent Continuous Perceived Noise Level (WECPNL); dan (3)membuat Noise Level Contour. Penentuan titik sampling berdasarkan dari International Civil Aviation Organization (ICAO) yaitu pada jarak 300 m sejajar dengan landasan pacu, serta 1000 m, 2000 m, 3000 m dan 4000 m dari ujung landasan pacu menggunakan metode WECPNL. Kontur kawasan kebisingan sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan No. 48 Tahun 2002, dimana Bandara Halim Perdana Kusuma terdapat 3 kawasan kebisingan sesuai dari hasil nilai indeks WECPNL. Pada kawasan kebisingan 3 (WECPNL≥80) berada dititik 1, 2, 3, 4, 5, dan 9, kawasan kebisingan 2 (75≤WECPNL<80) berada dititik 10, kawasan kebisingan 1 (70≤WECPNL<75) berada dititik 6.

Copyrights © 2018