Penelitian ini merupakan pengembangan perangkat pembelajaran matematika metode power teaching berbasis konstruktivisme. Tujuan penelitian memperoleh perangkat pembelajaran yang valid dan praktis, serta pembelajaran yang efektif pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Batukliang kelas VIII. Metode penelitian menggunakan 4D Thiagaraja  yang telah dimodifikasi menjadi 3D, yakni: define, design, dan develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Valid, karena para ahli menilai perangkat pembelajaran berkategori sangat baik. Praktis, karena siswa dan guru memberikan penilaian yang sangat baik serta kemampuan pengelolaan guru berkategori sangat baik. Pembelajaran efektif karena rata-rata keaktifan siswa berkategori sangat aktif, rata-rata nilai hasil belajar siswa melebihi KKM, hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika metode power teaching berbasis konstruktivisme materi bangun ruang sisi datar kelas VIII valid, praktis dan pembelajarannya efektif.
Copyrights © 2018