JPF : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 6, No 2 (2018): PENDIDIKAN FISIKA

Pengintegrasian Pendidikan Karakter Keagamaan pada Pembelajaran Hakikat Ilmu Fisika dan Keselamatan Kerja di Laboratorium Madrasah Aliyah Puteri Aisyiah di Palu

Mujizatullah Mujizatullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengintegrasian  pendidikan karakter keagamaan pada pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja di laboratorium, faktor pendukung dan penghambat  di Madrasah Aliyah Puteri Aisyiah Palu. Hasil penelitian pengintegrasian pendidikan karakter keagamaan pada mata pelajaran fisika melalui pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja di laboratorium dengan melakukan intervensi atau menanamkan nilai-nilai karakter keagamaan shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah, akidah, akhlak, ibadah dan berwawasan luas ,  pada materi fisika yang diajarkan.  Metode Pembelajaran menggunakan pendekatan Proses Ilmiah dengan metode Diskusi untuk memahami hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja di laboratorium. didukung oleh manajemen madrasah berbasis pesantren yang semua peserta didik diasramakan yang berasal dari 10 kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah. Faktor penghambat didalam mengimplementasikan pendidikan karakter diantaranya masih terdapat guru mengajar yang tidak sesuai dengan kompetensi guru professional atau guru yang mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang sebenarnya.Kata kunci: Pengintegrasian, Pendidikan Karakter Keagamaan, MA Palu The research aimed to describe the intergration of religious character in physics and safety in the laboratory, enabling and inhibiting factor in Aisyah puteri islamic high school Palu. The finding of intergration of religous character in physics through the nature of learning physics and safety in the laaboratory by intervening or instilling the value of shiddiq, amanah, tabligh, fathanah, akhlak, ibadah and insghtful, the physics material was taught. Learning method used preocess approach scientific discussion method to understand on the nature physics and safety in the laboratory. Supported management based islamic school that all learners were were boarded from ten dictricts in central sulawesi province. The obstacle factor in inplementation charcter education such as the teacher ang the professional compence of teachers was not suitable with actual educational qualifacationsKeywords: Intergration,Religion Character Education, MA Palu

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika. Hasil Penelitian yang dimuat pada jurnal ini berasal dari tenaga pengajar, alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar serta hasil penelitian dari ...