JPF : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 1, No 3 (2013): PENDIDIKAN FISIKA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS VIIa SMP NEGERI 1 SINJAI SELATAN

Misnawati Misnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik  kelas VIIa SMP Negeri 1 Sinjai Selatan  yang berjumlah 33 peserta didik  terdiri atas 19 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar peserta didik  digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data peningkatan keaktifan peserta didik  dalam kelas digunakan lembar observasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar peserta didik  sebesar  62,50 dengan standar deviasi 11,26 atau berada pada kategori rendah dan harus dilanjutkan pada siklus II untuk melihat perlakuan ini lebih lanjut. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar peserta didik  sebesar 68,13 dengan standar deviasi 8,03 atau berada pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik  kelas VIIa SMP Negeri 1 Sinjai Selatan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Kata Kunci: hasil belajar fisika, tipe talking stick, kuantitatif, dan kualitatifThis research is a class action (classroom action research) that aims to improve learning outcomes VIIa grade physics students SMP Negeri 1 South Sinjai which totaled 33 students consisting of 19 men and 14 women. This study was conducted in two cycles consists of four main components, namely: 1). Planning, 2). Action, 3). Observation, and 4). Reflection. To collect data on the study of students learning to use the test results in the form of multiple choice and for data enhancement active learners in the classroom to use the observation sheet. The acquired data was analyzed using quantitative and qualitative analysis. The results showed in the first cycle the average score of the study of students at 62.50 with a standard deviation of 11.26 or lower in the category and should be continued in the second cycle to see further treatment. In the second cycle the average score of the study of students at 68.13 with a standard deviation of 8.03 or at the high category. It can be concluded that the results of learning physics VIIa grade students of SMP Negeri 1 South Sinjai can be enhanced through cooperative learning talking stick.Keywords: physics learning outcomes, the type of talking stick, quantitative, and qualitative

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika. Hasil Penelitian yang dimuat pada jurnal ini berasal dari tenaga pengajar, alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar serta hasil penelitian dari ...