Jurnal Pelita PAUD
Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pelita PAUD

Efektivitas Penerapan Gerak Dasar Tari dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan

Solihati, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap keefektivan penerapan gerak dasar tari dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pre Test-Post Test Design dengan cara melakukan satu kali pengukuran di depan (Pre Test) sebelum penerapan gerak dasar tari dan setelah itu dilakukan lagi pengukuran (Post Test) sesudah penerapan gerak dasar tari. Data dianalisis secara statistik kuantitatif terhadap 21 anak. Data yang dikumpulkan melalui instrumen tes untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada perkembangan motorik kasar anak usia dini di Kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan antara sebelum dan sesudah penerapan gerak dasar tari, yakni berdasarkan hasil perhitungan bahwa thitung = 12,86 > ttabel = 2,021, artinya tolak Ho dan terima H1, artinya penerapan gerak dasar tari efektif dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Neuroscience Other

Description

Jurnal Pelita PAUD adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PGPAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2016, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Pelita PAUD memuat beragam disiplin ilmu pendidikan PAUD, terutama dalam lingkup teori PAUD, praktek ...