JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2016): (Juli 2016)

Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sd Negeri Mangkura IV Makassar

Tamara Nagita (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar)
Hambali Hambali (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Adam (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya aktifitas murid, kebanyakkan murid yang takut dan malu untuk berbicara di depan umum. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh metode bercerita terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mangkura 4 Makassar. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mangkura 4 Makassar. Penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan penelitian korelatif (hubungan) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian hubungan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih serta mengetahui pengaruhnya. Pada pelaksanakannya dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan Evaluasi. Subjek penelitian adalah muris kelas IV SD Negeri Mnagkura 4 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif Hasil perhitungan analisis hipotesis yang dilaksanakan kelas IV SD Negeri Mangkura 4 Makassar Kecamatan Ujung Pandang, Kelurahan Sawerigading, Kota Makassar, Sulawesi Selatan sebesar adalah 0.558. Selain uji hipotesis diuji juga dengan nilai koefisien determinasi sebesar 31.13%. Uji terakhir yang dilakukan adalah uji signifikansi untuk mengetahui apakah hipotesis yang dibuat dari awal diterima atau ditolak dari. Hasil uji signifikansi adalah sebesar 3.560. Nila rata-rata sebesar 72,82% dengan kategori baik maka dari hasil penelitian menunjukan jika metode bercerita dan keterampilan berbicara saling berpengaruh dalam hasil belajar dan aktivitas belajar murid. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan jika metode bercerita dan keterampilan berbicara saling berpengaruh dalam hasil belajar dan aktivitas belajar murid.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jkpd

Publisher

Subject

Education

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang ilmu pendidikan secara Umum dan Pendidikan Dasar secara khusus. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (p-ISSN: 2527-418X), berfokus pada masalah utama ...