Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 3, No 2 (2018): September

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Neneng Aminah (Universitas Swadaya Gunung Djati)
Irawati Irawati (Universitas Swadaya Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa(LKS), Pedoman Pembelajaran Guru, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada materiKubus dan Balok yang berbasis Pendekatan Kontekstual untuk siswa SMP kelas VIII semester 2.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk dari aspek kevalidan. Jenis penelitian inimenggunakan model pengembangan ADDIE, namun dalam penelitian ini hanya sampai tahapan Analisis(Analysis), Desain (Design), dan Pengembangan (Development). Subjek dari penelitian ini adalah siswaSMP Negeri 1 Sindang kelas VIII-B sebanyak 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah tes kemampuan awal siswa pada tahapan analisis karakteristik siswa, analisis kurikulum untukmengetahui materi yang akan digunakan pada siswa, dan penilaian perangkat pembelajaran untukmengetahui kevalidan. Validasi perangkat pembelajaran ini dilakukan oleh lima ahli matematika,diantaranya tiga dosen pendidikan matematika, dan dua guru matematika. Berdasarkan hasil validasiyang diperoleh untuk LKS adalah 86% dengan kriteria sangat valid, validasi yang diperoleh untukPedoman Pembelajaran Guru adalah 87,75% dengan kriteria sangat valid, dan validasi yang diperolehuntuk RPP adalah 84,6% dengan kriteria cukup valid

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...