Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)
Vol 3, No 1 (2018): JURKAMI

ANALISIS SIKAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 02 TEMPUNAK

Masardi Duat Umpang (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Indonesia)
Munawar Thoharudin (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bagaimana danĀ  faktor apa yang mempengaruhi Sikap Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 02 Tempunak. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang dari 77 siswa kelas VIII SMP Negeri 02, guru bidang studi dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan meliputi observasi, wawancara. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi guru dan siswa, lembar wawancara siswa, guru, dan orang tua siswa. Teknik analisis data:1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Hasil analisis data yang diperoleh:1) sikap belajar siswa , 2) Faktor sikap belajar siswa, faktor interen, adanya kesadaran dari dalam diri untuk lebih rajin lagi belajar, faktor ekstern, adanya dukukungan dari orang tua berupa motivasi, bimbingan, dan menyediakan fasilitas senyaman mungkin untuk siswa belajar; 3) Upaya guru dalam meningkatkan perstasi belajar siswa, membuat suasana kelas terasa nyaman, memotivasi, dan membimbing siswaKata Kunci: Sikap Belajar Siswa, IPS TerpaduĀ 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan ekonomi dan kajian ilmu ekonomi lainnya, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah ...