Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018

Model Pembelajaran Picture And Picture

Sri Wahjuni (Dinas Pendidikan Kota Blitar)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.deskriptif kualitatif, dilaksanakan dalam dua siklus dan telah melalui empat tahap penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Lokasi penelitian adalah SDN Sentul 2 pada kelas I yang terletak di Jalan Ir.Soekarno no. 23 Blitar Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 4-7 bulan September tahun 2017 selama 2 siklus, dalam tiap siklus ada 2 kali pertemuan (2 X 35 jam pelajaran). Pada siklus I pertemuan I, terdapat 11 siswa yang tuntas dari 26 siswa atau 42,31%. Pada pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 13 siswa yang tuntas dari 26 siswa atau 50%. Berdasarkan paparan data tersebut ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis karangan pendek melalui model Picture and Picture mengalami peningkatan. Pada siklus II pertemuan 1, nilai rekapitulasi keterampilan siswa mencapai peningkatan dengan ketuntasan klasikal sebanyak 17 siswa atau 65,38% dan terus meningkat pada pertemuan 2 siklus II menjadi 22 siswa tuntas atau 84,62%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...