Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol. 2 Special Issues (Januari) 2019

Penerapan Model CTL Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu di SD

Irwandy, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bermaknanya pembelajaran dan kurang antusiasnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, hal ini berdampak terhadap hasil belajar peserta didik yang rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan audiovisual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan terlampauinya kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥85% pada siklus 2. Ketuntasan klasikal muatan pelajaran IPS pada pra siklus sebesar 60%, siklus I sebesar 83%, dan siklus II sebesar 97%, muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada pra siklus sebesar 69%, siklus I sebesar 80%, dan siklus II sebesar 97%, muatan pelajaran PPKn pada pra siklus sebesar 97% siklus I sebesar 97%, dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian dinyatakan berhasil.   Abstrak: This research is motivated by the lack of meaningful learning and lack of enthusiasm of students in participating in learning, this has an impact on low student learning outcomes. The purpose of this study is to describe the improvement of learning outcomes of students in learning using Contextual Teaching and Learning (CTL) assisted by audiovisual. The method used in this study is classroom action research, which consists of two cycles. The results of the study show that the classical completeness criterion is ≥85% in cycle two. Classical completeness of social studies content in pre cycle 60%, cycle one 83%, and cycle two 97%, Indonesian language content in pre cycle 69%, cycle one 80%, and cycle two 97%, PPKn lesson content in pre cycle 97% cycle one 97%, and cycle two 100%. Based on the results of these research, the researsh is succesfull.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...