Prosiding Seminar Nasional Darmajaya
Vol 1 (2018): SEMNAS IIB DARMAJAYA

Rancang Bangun Teknologi Informasi E-Complaint pada Perguruan Tinggi

-, Sulyono (Unknown)
-, Fitria (Unknown)
Indriyati, Lia (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Tentang kualitas manajemen kampus dan telah memiliki sistem penjaminan mutu internal berstandar internasional. Menangani keluhan penting, karena pada proses penanganan yang baik justru akan mempengaruhi reputasi instansi/perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah teknologi informasi yang dapat menampung keluhan, kritik dan saran terhadap bagian operasional kampus dan dosen yang berada pada IBI Darmajaya berupa E-Complaint. Tahapan pengembangan sistem yang digunakan yaitu menggunakan model SDLC air terjun (waterfall) sering juga disebut model sekuensial linier. Aplikasi e-complaint ini memudahkan mahasiswa IBI Darmajaya untuk memberikan complaint (keluhan) maupun kritik dan saran kepada bagian operasional kampus maupun dosen. Aplikasi ini menggunakan framework bootstrap yang mampu mengelola tampilan aplikasi menjadi responsive. Dengan sifatnya yang responsive maka aplikasi dapat menyesuaikan bentuk pada berbagai ukuran device. Aplikasi ini berguna untuk membantu Quality Assurance Center (QAC) yang berfungsi sebagai lembaga penjamin mutu sebuah kampus .Kata kunci: Aplikasi, E-complaint, Mobile Website, Responsive, Teknologi Informasi

Copyrights © 2018