Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 6 No. 1 (2015)

HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DI KELAS VIII SMP NEGERI 16 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2014/2015

Ermina Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar danmotivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak pada makhluk hidup dikelas VIIISMP Negeri 16 Pekanbaru tahun ajaran 2014/2015 yang dilakukan pada bulan November 2014.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 71 orangsiswa kelas VIII menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yangdigunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rdisiplin belajar terhadap hasil belajar 0,127 positif sangat rendah, nilai r motivasi belajarterhadap hasil belajar 0,181 positif sangat rendah, dan nilai koefisien korelasi ganda antaradisiplin belajar dan motivasi belajar R = 0,181 positif sangat rendah. Selanjutnya dengan rumuskoefisien determinan didapatkan hasil sebesar 0.0327. Artinya variabel disiplin belajar danmotivasi belajar mempunyai hubungan terhadap hasil belajar sebesar 3,27 % dan sisanyasebesar 96,73 kemungkinan ditentukan oleh faktor lain.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...