Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan

Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Pendidikan di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning

Rini Nizar (Unknown)
Amalia Amalia (Unknown)
Niken Nurwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2018

Abstract

Prodi Agribisnis memiliki visi “Menjadi Program Studi yang MenghasilkanLulusan yang Unggul dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi(IPTEK) dan jiwa kewirausahaan Bidang Agribisnis dengan Berlandaskan BudayaMelayu di tahun 2030”. Untuk mencapai visi tersebut diperlukan langkah-langkahkongkret, salah satunya adalah dengan mengenali mahasiswa yang merupakankonsumen dari jasa pelayanan pendidikan. Paradigma lama yang fokus terhadapproduk saja akan menyebabkan kita akan mengalami ketertinggalan dan bahkanmungkin saja akan ditinggalkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk:(1)Mengetahui kesenjangan antara kenyataan dan harapan mahasiswa terhadappelayanan pendidikan dan (2) Menentukan prioritas perbaikan pelayananpendidikan di prodi Agribisnis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif denganmenggunakan Metode Rasch dimana metode ini menjadi pembeda dari penelitiansejenis sebelumnya. Tidak dilakukan pengujian instrumen penelitian dengan ujivaliditas dan uji reabilitas pada penelitian ini karena kuisioner yang digunakanadalah kuisioner standart yang sudah digunakan untuk perguruan tinggi bermutulihat pada lampiran kuisioner (Tampubolon, 2001). Dari hasil analisis kepuasanmahasiswa terhadap pelayanan pendidikan di Prodi Agribisnis Fakultas PertanianUniversitas Lancang Kuning didapat kesimpulan sebagai berikut: (1) Kesenjanganantara kenyataan dan harapan terhadap pelayanan pendidikan di Prodi Agribisnisdiperoleh hasil gap positif dimana responden telah menerima layanan pendidikanyang melebihi harapan untuk dimensi reability, tangible dan dimensi responsive.Sedangkan hasil gap negatif dimana responden telah menerima pelayananpendidikan kurang dari harapan untuk dimensi sumber belajar, jasaekstrakurikuler, sarana dan prasarana dan assurance. (2) Yang harus menjadiprioritas perbaikan pelayanan pendidikan di prodi agribisnis berdasarkan urutanprioritas adalah sebagai berikut: (a) Dimensi Sarana dan Prasarana (b) DimensiAssurance, (c) Dimensi Sumber Belajar dan (d) Dimensi Jasa Ekstrakurikuler

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...