JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)
Vol 1 No 2 (2018): Jp.jok : Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA SDN SAMBIGEDE 03 SUMBERPUCUNG MALANG

Sriyatin, Sriyatin (Unknown)
Sucipto, Adi (Unknown)
Sulikan, Sulikan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2018

Abstract

Kurangnya variasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani membuat siswa bosan dan tidak semangat dalam mengikuti pelajaran. Karena itu diperlukan model pembalajaran yang menarik sehingga siswa menjadi lebih semangat dalam mengikuti pelajaran. Model  yang terapkan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw IIpada siswa kelas V SDN Sambigede 03 Sumberpucung Malang. Hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kondisi awal atau  hasil prasiklus menunjukkan ketidak tuntasan siswa dalam pembelajaran jasmani sebesar 40%, kemudian diberikan treatment pada siklus I dan II dengan menggunakan model jigsaw mengalami peningkatan  ketuntasan mencapai 57 %, dan pada siklus II ketuntasan mencapai 77%

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpjok

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (JP JOK) published by the physical education, health and recreation study program faculty of exact sciences and sports education IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (JP JOK) is published every May and November. It ...