MALIH PEDDAS
Vol 8, No 1 (2018): MALIH PEDDAS, Volume 8 Nomor 1

KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE BERBANTU MEDIA VISETATERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Ginanjar Wisnu Aji (Universitas PGRI Semarang)
Ryky Mandar Sary (PGSD, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2018

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA materi daur air dan kurangnya pemahaman konsep materi daur air. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SDN di Magelang kelas V yang berjumlah 35 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu “purposive sampling”. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model example non-example berbantu media VISETA diperoleh thitung = 4,570 > ttabel = 2,030. Maka Haditerima yang berarti hasil belajar siswa mencapai KKM 70 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,57%. Sedangkan pada uji hipotesis diperoleh thitung = 12,262 ≥ ttabel = 2,030. Maka terdapat keefektifan model Example Non-Example berbantu media VISETA pada salah satu siswa kelas V SDN di Kota Magelang sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran example non-example berbantu media VISETA (Video Semua Tentang Air).

Copyrights © 2018