Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIG SMP NEGERI 10 PALU

Musdalifa, Musdalifa (Unknown)
Awuy, Evie (Unknown)
Linawati, Linawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pertidaksamaan linear satu variabel di Kelas VII SMP Negeri 10 Palu. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pertidaksamaan linear satu variabel, mengikuti langkah-langkah: Course (1) menyajikan  materi PtLSV dengan pemberian contoh masalah dan mengarahkan siswa untuk mengamati informasi yang termuat dari contoh masalah yang diberikan secara individu, (2) memberikan  kesempatan kepada siswa tanya jawab. Review (3) meninjau kembali pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan sebelumnya dengan menguji pemahaman siswa secara berkelompok melalui pemberian LKPD,  (4) meninjau kembali secara keseluruhan dengan meminta masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan LKPD kelompoknya didepan kelas dan kelompok lain menanggapi. Horay (5) memberikan reward kepada kelompok yang jawabannya benar yaitu berupa stiker emoticon smile serta berteriak Horee dan jawaban salah yaitu berupa stiker emoticon sad (6) mengumpulkan LKPD dan lembar petak horay masing-masing kelompok untuk dihitung skor tiap-tiap kelompok (7) memberikan penghargaan kepada kelompok yang memperoleh emoticon smile atau jumlah “horee” terbanyak.Kata Kunci:                                                                                                                                                                    Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay; Hasil Belajar; Pertidaksamaan Linear satu variabel.

Copyrights © 2018