Peneliti bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara melalui penerapan pendekatan kritis untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V MIN Kandai II Dompu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Kandai II Dompu yang berjumlah 41 Orang. Hasil analisis data pada siklus I dan II yaitu: (1) hasil tes kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 66,75 % dan meningkat pada siklus II menjadi 83%; (2) Skor rata-rata aktivitas kegiatan siswa di siklus I sebesar 71,24% dan pada siklus II rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 85,21%. Dari keseluruhan hasil pada siklus II telah memenuhi criteria yang maksimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kritis dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Copyrights © 2017