AL-FURQAN
Vol 6 No 2 (2018): Edisi September 2017-Februari 2018

Penerapan Pola Pendidikan Pesantren dalam Mempercepat Penguasaan Siswa Memahami Alquran (Studi Kasus MSs Babussalam Lanci Satu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu)

Fitriani Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

Dalam proses belajar mengajar membaca dan menulis Al-Qur’an, MTs Babussalam Lanci Satu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu mempergunakan metode iqro’. Tujuan digunakannya metode ini adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-qur’an bagi peserta cukup berhasil. kami selalu memberikan motovasi kepada peserta agar selalu berlatih membaca dan menulis Al-qur’an terutama di rumah. Pengajaran dasar Al-Qur’an pada umumnya kita dapati dua unsur yaitu unsur mengajar dan unsur yang diajar. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan sebab berhasil tidaknya suatu usaha pengajaran itu banyak ditentukan oleh tenaga pengajar itu sendiri. Antara keduanya harus ada hubungan timbal balik yang harmonis dengan mencapai semaksimal mungkin apa yang diinginkan. Sebagaimana kita mengetahui bahwa apa yang dicapai oleh setiap individu dari berbagai macam ilmu pengetahuan sedikit banyaknya berpengaruh terhadap kelangsungan setiap individu. Penerapan pola pendidikan pesantren yang terapkan pada MTs Babussalam Lanci Satu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu dalam proses belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran AL-Qur’an dipergunakan beberapa metode sesuai tingkat murid yang menerima pelajaran yaitu, metode halaqah, metode hadap satu persatu dan metode Klasikal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

alfurqan

Publisher

Subject

Education

Description

AL-FURQAN: Jurnal studi Pendidikan Islam adalah jurnal nasional bermitra bestari yang diterbitkan dua kali setahun dalam bentuk cetak dan online oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin Dompu ...