Gangguan fisik yang sangat menonjol pada wanita haid adalah dysmenorrhea. Dysmenorrhea adalah nyeri haid yang dirasakan di bagian perut bagian bawah dan dysmenorrhea membuat wanita tidak bisa beraktivitas secara normal serta dapat menurunkan konsentrasi belajar mahasisiwi karena rasa nyeri yang mereka rasakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dysmenorrhea dengan prestasi belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Cara penarikan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 responden. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner.Dalam penelitian ini menggunakan analisis uji statistic chi-square dengan tingkat signifikan (α=0,05) dan uji alternatif yang digunakan yaitu uji fisher dan didapatkan nilai p= 0,614.Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara dysmenorrhea dengan prestasi belajar mahasiswi Keperawatan Angkatan 2011 Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar menambah jumlah sampel dan variabel-variabel lain, seperti faktor psikologi, faktor keluarga, faktor kampus dan faktor masyarakat.
Copyrights © 2018