JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)
Vol 3, No 2 (2018): Volume 3 Number 2 September 2018

Pengembangan Pembelajaran Scientific Berbasis Multirepresentasi Untuk Menunjang Pembelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013

Nurul Husna (STKIP Singkawang)
Nurhayati Nurhayati (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific berbasis multirepresentasi dalam kurikulum 2013. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul yang menunjang pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific dalam kurikulum 2013 dan menjelaskan keterpakaian modul yang dikembangkan untuk menunjang pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific dalam kurikulum 2013, dan melihat keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam menerapkan modul scientific berbasis multirepresentasi di SMP. Adapun target yang dicapai melalui penelitian ini adalah terbitnya sebuah karya ilmiah yang dapat memberi wawasan dan pengetahuan bagi pembaca melalui publikasi ilmiah dalam jurnal ber-ISSN dan terdaftar dalam Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D tanpa tahap Dissemination. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP di Kota Singkawang. Dari populasi yang ada dipilih dua SMP di Kota Singkawang yang menjadi sampel penelitian melalui teknik random sampling. Satu kelas VII yang berada di kedua SMP tersebut diberikan pembelajaran dengan pendekatan scientific berbasis multirepresentasi. Data penelitian diperoleh melalui teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran scientific berbasis multirepresentasi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, modul scientific berbasis multirepresentasi mendapatkan respon yang sangat baik oleh siswa dan memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa, serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan modul scientific berbasis multirepresentasi terlaksana dengan sangat baik di kelas VII SMP.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPMI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), e-ISSN: 2477-8443, p-ISSN: 2477-5959 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and studies in the field of science ...