Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam menumbuhkan karakter sejak dini dengan tujuan agar mampu memahami dan mengamalkan Al-Quran serta memiliki akhlakul karimah. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini dengan metode study literasi atau studi kepustakaan. Hasil dari pembahasan artikel ini menunjukkan bahwa dari 6 peran TPA sudah bisa dikatakan berperan baik dalam pendidikan karakter yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional yaitu (1) Peran TPA dalam membantu santri mengagumi dan mncintai Al-Qur’an sebagai bacaan yang istimewa (religius), (2) Peran TPA dalam membimbing santri membaca al-qur’an dengan baik dan benar (gemar membaca), (3) Peran TPA dalam mengajarkan sholat 5 waktu dengan tata cara yang benar (disiplin), (4) Peran TPA dalam membina santri menguasai hafalan sejumlah surat pendek atau ayat pilihan dan do’a sehari-hari (mandiri), (5) Peran TPA dalam mengarahkan berakhlak sosial yang baik sesuai dengan tuntunan Islam (peduli sosial), (6) Peran TPA dalam membantu santri menulis huruf Arab dengan baik dan benar (kreatif).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018