WACANA DIDAKTIKA
Vol 3 No 2 (2015): Desember 2015 (Versi Cetak)

Pengaruh Model Pembelajaran GI Dengan Scaffolding Terhadap Penguasaan Konsep Fisika

Herman Jufri Andi (Universitas Islam Madura)
Susriyana Mery Handayani (Universitas Islam Madura)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2015

Abstract

Penguasaan konsep fisika siswa masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, hal ini terjadi karena kurangnya pengembangan pola pikir siswa. Siswa distimulasi untuk melakukan praktikum tetapi tidak mampu memahami materi secara mendalam. Prosedur penyelesaian diberikan secara rinci dan tidak ada proses investigasi dalam menemukan konsep fisika. Penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Intrumen perlakuan berupa Lembar Kerja Siswa yang didalamnya terdapat scaffolding dan instrumen pengukuran berupa tes penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

wacanadidaktika

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Other

Description

WACANA DIDAKTIKA adalah jurnal pemikiran penelitian pendidikan dan sains yang secara khusus memuat artikel ilmiah seputar pendidikan dan sains, baik berupa hasil peikiran konseptual ataupun hasil penelitian. Wacana didaktika terbit setiap semester (dua kali dalam setahun) yaitu setiap bulan Juni dan ...