WACANA DIDAKTIKA
Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMA

Agus Budiyono (Universitas Islam Madura)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang besarnya pengaruh dan peningkatan kemampuan berargumentasi siswa SMA melalui pembelajaran model argument-based science inquiry. Penelitian menggunakan metode pre-experimental dengan one group pretest posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MAN Pamekasan Jawa Timur, sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dengan jumlah 34 siswa yang dipilih secara acak kelas. Penelitian ini menggunakan instrument tes kemampuan berargumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan effect size dan N-gain. Hasil penelitian diperoleh nilai effect size sebesar 5,80 yang berarti model pembelajaran ABSI berpengaruh sangat besar terhadap kemampuan berargumentasi siswa, serta nilai <g> sebesar 0,85 atau peningkatan kemampuan berargumentasi siswa berada pada kategori tinggi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

wacanadidaktika

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Other

Description

WACANA DIDAKTIKA adalah jurnal pemikiran penelitian pendidikan dan sains yang secara khusus memuat artikel ilmiah seputar pendidikan dan sains, baik berupa hasil peikiran konseptual ataupun hasil penelitian. Wacana didaktika terbit setiap semester (dua kali dalam setahun) yaitu setiap bulan Juni dan ...