Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menerapkan pendekatan Scientific. Jumlah siswa yang diteliti adalah 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific pada prasiklus ketuntasan belajar siswa hanya 14% atau 4 siswa yang mendapat ketuntasan, meningkat menjadi 79% atau 11 siswa yang tuntas pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan belajar sudah tercapai sebesar 100% atau seluruh siswa mendapat ketuntasan nilai. Artinya, proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific berjalan dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD.
Abstract: The purpose of this study is to improve student learning outcomes in thematic learning by applying the scientific approach. The number of students studied was 14 students. The results showed that the application of the scientific approach to student learning completeness cycle was only 14% or 4 students who received mastery, increased to 79% or 11 students who completed the first cycle and in the second cycle the learning completeness was reached 100% or all students got mastery value. That is, the learning process using the scientific approach works well. So it can be concluded that the implementation of the steps of learning using the scientific approach can improve the learning outcomes of 4th grade students in Elementary School.
Copyrights © 2019