J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)
Vol 3, No 1 (2018): J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP IKATAN KIMIA

Hayuni Retno Widarti (UNIVERSITAS NEGERI MALANG)
Adistya Febriana Safitri (Universitas Negeri malang)
Dedek Sukarianingsih (Universitas negeri malang)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas X MIA MAN 1 Kota Malang pada konsep ikatan ionik, ikatan kovalen, aturan oktet, kepolaran ikatan, ikatan logam, dan gaya antar molekul, serta mengetahui kesalahan siswa dalam memahami ikatan kimia. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Tahapan yang dilakukan yaitu studi pendahuluan, mengembangkan instrumen tes diagnostik two-tier, validasi isi, uji coba soal, dan pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas X MIA MAN 1 Kota Malang pada konsep ikatan ionik sebesar 59,71%; pada konsep ikatan kovalen sebesar 65,80%; pada konsep aturan oktet sebesar 44,93%; pada konsep kepolaran ikatan sebesar 50,00%; pada konsep ikatan logam sebesar 41,31%; dan pada konsep gaya antar molekul sebesar 34,78. Analisis jawaban salah yang memiliki persentase lebih dari 20% memberikan data tentang letak kesalahan siswa dalam memahami materi ikatan kimia.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

j-pek

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

J-PEK, Jurnal Pembelajaran Kimia (e-issn: 2579-5945; p-issn: 2528-6536) is published by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. The publishing frequency of the journal is two issues per year (June and December) and it welcomes articles (in English or in the Indonesian ...