Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) yang memperoleh pembelajaran dengan pembelajaran berbeda. Pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pembelajaran Creative problem solving dan pembelajaran biasa. Penelitian dilakukan di SMP IT Almarkazul Islami dan MTsS Misbahul Ulum dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive (purposive sampling). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan, yaitu: (1) tahap pengembangan perangkat pembelajaran dan instrument penelitian, (2) tahap uji coba perangkat pembelajaran dan instrument penelitian, (3) tahap pelaksanaan eksperimen. Hasil penelitian terlihat bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematika antara siswa yang diberi model pembelajaran CPS berbantuan autograph dibandingkan dengan siswa yang diberi model pembelajaran biasa. Dengan memperhatikan nilai rerata kedua kelompok tersebut disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa yang diberi model pembelajaran CPS berbantuan autograph secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi model pembelajaran biasa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018