Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 7, No 1: Semester Ganjil 2018/2019

Pengaruh Pemasaran Relasional dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pengguna Smartphone iPhone di Kota Malang

Stefanus Adi Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh pemasaran relasional dan nilai pelangganterhadap kepuasan pelanggan smartphone iPhone di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalahexplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabelnya melaluipengujian hipotesis. Sampel responden dalam penelitian diambil menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini, respondenberjumlah 180 orang konsumen smartphone iPhone di Kota Malang yang mempunyai akunmedia sosial dan sudah berumur 17 tahun keatas. Uji hipotesis menggunakan Analisis LinerBerganda dan dibantu dengan software SPSS untuk memudahkan penelitian. Hasil daripenelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemasaran relasional berpengaruh positif dansignifikan kepada variabel kepuasan pelanggan sebesar 7,393. Variabel nilai pelanggan jugaberpengaruh positif dan signifikan kepada variabel kepuasan pelanggan sebesar 5,232. HasilAdjusted R Square sebesar 0,530 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antar variabelsebesar 0.408 yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara pemasaran relasional dan nilaipelanggan terhadap kepuasan pelanggan smartphone iPhone di Kota Malang sebesar 53%sedangkan sisanya 47% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penilitian ini.Kata Kunci: pemasaran relasional, nilai pelanggan, kepuasan pelanggan, Apple, iPhone.

Copyrights © 2018