JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 3, Number 2, December 2018

PENGARUH LAYANAN INFORMASI NILAI-NILAI PERSATUAN PADA MAKNA NOSARARA NOSABATUTU DALAM SUKU KAILI TERHADAP PENINGKATAN SIKAP PERSATUAN DIKALANGAN SISWA (STUDI KASUS SMA NEGERI 4 SIGI)

Halim, Moh (Unknown)
Thalib, Mansyur (Unknown)
Munifah, Munifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Permasalahan utama penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif  layanan informasi nilai-nilai persatuan pada makna Nosarara Nosabatutudalam suku Kaili terhadap peningkatan sikap persatuan dikalangan siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan pengaruh positif layanan informasi nilai-nilai persatuan pada makna Nosarara Nosabatutu dalam suku Kaili terhadap peningkatan sikap persatuan dikalangan siswa.Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa.Instrumen pengumpulan data adalah angket sikap persatuan.Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Teknik analisis inferensial yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sikap persatuan sebelum mengikuti layanan informasi nilai-nilai persatuan pada makna Nosarara Nosabatutu yaitu: 46,7% siswa memiliki sikap persatuan positif, 46,7% siswa memiliki sikap persatuan negatif, dan 6,6% siswa memiliki sikap persatuan sangat negatif. Sedangkan sesudah mengikuti layanan informasi nilai-nilai persatuan pada makna Nosarara Nosabatutu, maka terjadi peningkatan sikap persatuan dikalangan siswa yaitu: 63,3% siswa memiliki sikap persatuan sangat positif, 36,7% siswa memiliki sikap persatuan positif.Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi nilai-nilai persatuan pada makna Nosarara Nosabatutu dalam suku Kaili terhadap peningkatan sikap persatuan dikalangan siswa. Kata Kunci : Nilai-Nilai Persatuan, Nosarara Nosabatutu, Sikap Persatuan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...