JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 3, Number 2, December 2018

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DISERTAI PENGUATAN DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG (OFF TASK BEHAVIOR) DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA SMP NEGERI 18 PALU

Resty, Made (Unknown)
Thalib, Mansyur (Unknown)
Munifah, Munifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah perilaku menyimpang (off task behavior) dalam proses pembelajaran siswa sesudah mengikuti konseling kelompok disertai penguatan lebih rendah jika dibandingkan sebelum mengikuti konseling kelompok disertai penguatan. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan apakah perilaku menyimpang dalam proses pembelajaran siswa sesudah mengikuti konseling kelompok disertai  penguatan tidak lebih rendah di bandingkan dengan sebelum mengikuti konseling kelompok dan pemberian penguatan. Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah pedoman observasi metode check list. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku menyimpang siswa dalam proses pembelajaran sebelum diberikan layanan konseling kelompok disertai penguatan delapan siswa ini memiliki klasifikasi perilaku menyimpang dalam proses pembelajaran yang tinggi. Selanjutnya perilaku menyimpang dalam proses pembelajaran sesudah diberi konseling kelompok disertai penguatan dari 8 siswa yang menjadi subjek penelitian, terdapat 5 siswa yang mengalami penurunan perilaku menyimpang dari tinggi menjadi sedang. Selanjutnya 2 siswa yang mengalami penurunan perilaku menyimpang dari tinggi menjadi rendah. Kemudian 1 siswa yang berinisial DS tidak mengalami penurunan. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa perilaku menyimpang dalam proses pembelajaran siswa sesudah mengikuti layanan konseling kelompok disertai penguatan lebih rendah jika dibandingkan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok disertai penguatan. Hasil penelitian membuktikan bahwa layanan konseling kelompok disertai penguatan efektif dalam mengatasi perilaku menyimpang (Off Task Behavior) dalam proses pembelajaran siswa. Kata Kunci : Konseling Kelompok disertai Penguatan,  Perilaku Menyimpang (Off Task Behavior) dalam Proses Pembelajaran Siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...