Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah perilaku 5S siswa sesudah mengikuti layanan informasi penerapan budaya 5S melalui media brosur berpengaruh positif dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan informasi penerapan budaya 5S melalui media brosur.Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan pengaruh layanan informasi penerapan budaya 5S melalui media brosur terhadap pembentukan perilaku 5S siswa sesudah mengikuti layanan informasi memiliki pengaruh positif dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan informasi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket perilaku 5S. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku 5S sebelum dilaksanakan layanan informasi penerapan budaya 5S melalui media brosur yaitu: 30% siswa memiliki perilaku 5S yang tinggi, 55% siswa memiliki perilaku 5S yang rendah,dan 15% siswa memiliki perilaku 5S yang sangat rendah.Setelah diberikan layanan informasi penerapan budaya 5S melalui media brosur maka terjadi perubahan perilaku yaitu: 20% siswa memiliki perilaku 5S yang sangat tinggi, 50% siswa memiliki perilaku 5S yang tinggi, dan 30% siswa memiliki perilaku 5S yang rendah. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa perilaku 5S siswa berpengaruh positif sesudah mengikuti layanan informasi penerapan budaya 5S melalui media brosur dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan informasi penerapan budaya 5S melalui media brosur. Kata Kunci :Penerapan Budaya 5S, Pembentukan Perilaku 5S, Media Brosur.
Copyrights © 2018