JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 3, Number 2, December 2018

PENGARUH LAYANAN INFORMASI CARA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN INTENSITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 3 PALU

Pratiwi, Dian (Unknown)
Syahran, Ridwan (Unknown)
Fitriani, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalahApakah ada pengaruh positif layanan informasi cara  meningkatkan semangat belajar  terhadap peningkatan intensitas belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan intensitas belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi cara meningkatkan semangat belajar dan menjelaskan pengaruh positif layanan informasi cara meningkatkan semangat belajar terhadap peningkatan intensitas belajar siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket intensitas belajar. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa intensitas belajar sebelum mengikuti layanan informasi cara meningkatkan semangat belajaryaitu: 50% siswa memiliki intensitas belajar tinggi, 43,3% siswa memiliki intensitas belajar rendah, dan 6,7% siswa memiliki intensitas belajar sangat rendah. Sedangkan sesudah mengikuti layanan informasi cara meningkatkan semangat belajar, maka terjadi peningkatan intensitas belajar siswa yaitu: 23,3% siswa memiliki intensitas belajar sangat tinggi, 70% siswa memiliki intensitas belajar tinggi, dan 6,7% siswa memiliki intensitas belajar rendah. Hasil analisis inferensial. Dengan demikian hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi cara meningkatkan semangat belajar terhadap peningkatan intensitas belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...