Tujuan penelitian ini untuk menginvestigasi pengetahuan awal siswa dan tingkat keyakian siswa tentang konsep ilmiah listrik dinamis yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian analitik-komparatif dengan pendekatan crossecsional. Variabel yang diteliti yaitu pengetahuan awal (prior knowledge) siswa dan keyakinan terhadap pengetahuan yang dimiliki (certainty of knowledge). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA (Ilmu Pengetahun Alam) SMAN 1 Banjarangkan (2016/2017). Jumlah keseluruhan sampel adalah 136 siswa. Â Tes terdiri dari pilihan ganda dengan tingkat keyakinan siswa atas jawabannya. Jawaban siswa dianalisis dengan chi-square analysis. Hasil penelitian menunjukkan (1) pengetahuan awal siswa tentang konsep-konsep pada materi listrik dinamis sebagian besar berupa miskonsepsi (62,3%) dan hanya 37,7% tahu konsep, dan (2) tingkat keyakinan siswa dapat berkorelasi dengan pengetahuan awal siswa.
Copyrights © 2017