Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 1, No 2 (2017): Juli 2017

PENGETAHUAN AWAL DAN TINGKAT KEYAKINAN SISWA TENTANG KONSEP LISTRIK DINAMIS

Perdana, Gde Parie (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menginvestigasi pengetahuan awal siswa dan tingkat keyakian siswa tentang konsep ilmiah listrik dinamis yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian analitik-komparatif dengan pendekatan crossecsional. Variabel yang diteliti yaitu pengetahuan awal (prior knowledge) siswa dan keyakinan terhadap pengetahuan yang dimiliki (certainty of knowledge). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA (Ilmu Pengetahun Alam) SMAN 1 Banjarangkan (2016/2017). Jumlah keseluruhan sampel adalah 136 siswa.  Tes terdiri dari pilihan ganda dengan tingkat keyakinan siswa atas jawabannya. Jawaban siswa dianalisis dengan chi-square analysis. Hasil penelitian menunjukkan (1) pengetahuan awal siswa tentang konsep-konsep pada materi listrik dinamis sebagian besar berupa miskonsepsi (62,3%) dan hanya 37,7% tahu konsep, dan (2) tingkat keyakinan siswa dapat berkorelasi dengan pengetahuan awal siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...