Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018

Penerapan Penilaian Diri untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Auliya, Jihan (Unknown)
Mahayukti, Gusti Ayu (Unknown)
Gita, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan efikasi diri siswa dalam pembelajaran matematika, dan (2) tanggapan siswa terhadap penerapan strategi penilaian diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 3 Singaraja sebanyak 27 orang siswa pada semester genap Tahun Ajaran 2017/2018. Data efikasi diri siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner efikasi diri, dan tanggapan siswa dikumpulkan menggunakan angket tanggapan siswa. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor efikasi diri siswa mengalami peningkatan sebesar 8,53 dari 77,07 pada siklus I menjadi 85,6 pada siklus II, dan sebesar 2,9 dari 85,6 pada siklus II menjadi 88,5 pada siklus III, serta rata-rata skor tanggapan siswa telah berada dalam kategori sangat positif. Peningkatan efikasi diri siswa terjadi karena guru lebih menekankan pada: (1) memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat melakukan penilaian diri yang sangat efektif bagi siswa, (2) pemberian bimbingan dan motivasi kepada siswa agar semakin percaya diri dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...