JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 3, No 2 (2018)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN LECTORA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Rasiman Rasiman (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang)
Etika Rozana (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang)
Sugiyanti Sugiyanti (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran concept attainment dan guided discovery berbantuan Lectora terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Quasi Eksperimental Design di kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Analisis pada penelitian ini dengan membandingkan nilai kemampuan pemahaman konsep saat posttest pada masing-masing kelas yang di teliti, yaitu pada kelas Eksperimen 1, Eksperimen 2, dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian data awal yang dihitung menggunakan uji anava satu jalur dengan taraf signifikan 5% dan regresi linier sederhana. Hasil dari perhitungan penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yangmenggunakan model pembelajaran concept attainment berbantuan lectoradan guided discoveryberbantu lectora dan model pembelajaran konvensional. 2) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran concept attainment dan berbantuan lectora lebih baik dari model pembelajaran konvensional. 3) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran guided discoveryberbantuan lectora lebih baik dari model pembelajaran konvensional. 4) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran concept attainment berbantuan lectoradan guided discoveryberbantu lectora mencapai KKM. 5) Terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran concept Attainment berbantuan lectora dan guided discovery berbantu lectora.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...