Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya

Profil Number Sense Siswa SMP Terhadap Pecahan Campuran Ditinjau dari Kepribadian Introvert

Widodo, Ari (Unknown)
Noviartati, Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan number sense siswa SMP terhadap pecahan campuran yang ditinjau dari kepribadian introvert. Subjek penelitian ini terdiri dari dua siswa kelas VII SMP Al Hikmah Surabaya. Penelitian dimulai dengan menentukan subjek penelitian menggunakan instrumen angket kecenderungan kepribadian dan data nilai (PTS dan PAS) matematika siswa, kemudian dilanjutkan dengan pemberian tes number sense dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua Subjek tersebut memiliki kemampuan untuk merepresentasikan dan menggunakan strategi yang tepat dan esien. Dari empat komponen yang digunakan untuk mengukur number sense, disimpulkan bahwa siswa belum memenuhi komponen Menggunakan Strategi perhitungan mental dan belum memenuhi komponen Menggunakan patokan secara tepat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

(Jurnal Pi) Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya is open-access and peer-reviewed scholarly online journal managed by Department of Mathematics Education, STKIP Al Hikmah Surabaya. The journal is published twice a year in March and ...