Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya

Profil Strategi Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Open-Ended

Syakuro, M. Amri Abdan (Unknown)
Abidin, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2018

Abstract

Masalah non rutin merupakan masalah yang dapat memunculkan kemampuan pemacahan masalah siswa, yaitu dengan memberikan soal bersifat Open-Ended kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengacu pada strategi penyelesaian permasalahan matematika ditinjau dari kemampuan matematika siswa tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan strategi penyelesaian matematika pada tiap kemampuan matematika siswa. Strategi penyelesaian matematika oleh siswa berkemampuan matematika tinggi menggunakan strategi berpikir logis, siswa berkemampuan sedang menggunakan strategi berpikir logis dan menebak, dan siswa berkemampuan rendah menggunakan strategi menebak-nebak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

(Jurnal Pi) Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya is open-access and peer-reviewed scholarly online journal managed by Department of Mathematics Education, STKIP Al Hikmah Surabaya. The journal is published twice a year in March and ...