Indonesian Journal of History Education
Vol 6 No 2 (2018): Indonesian Journal of History Education

PEMANFAATAN SITUS PURBAKALA SEMEDO SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 DUKUHWARU DAN SMA NEGERI 3 SLAWI KABU-PATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Safitri, Noviana (Unknown)
Utomo, Cahyo Budi (Unknown)
Amin, Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui relevansi koleksi Situs Purbakala Semedo dalam materi pembelajaran sejarah, dan implementasi pemanfaatan Situs Purbakala Semedo dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif Naratif. Pengumpulan Sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan Reduksi Data, Display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koleksi Situs Purbakala Semedo relevan dengan materi pembelajaran Pra Aksara KI 3 dan 4, KD 3.9, 4.9 dan 3.10, 4.10. Model pembelajaran Discovery Learning dengan lawatan sejarah dan HOTS. Pendekatan pembelajaran SMA Negeri 1 Dukuhwaru dan SMA Negeri 3 Slawi Scientific Learning. Pemanfaatan Situs Purbakala Semedo disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus dan materi yang sedang berlangsung. Pemanfaatan ini memberi dampak positif meningkatkan minat belajar siswa dan membantu guru dalam menggunakan sumber belajar sejarah untuk siswa. Kata kunci: situs purbakala; Semedo; sumber belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ijhe

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan ...