Gema Pendidikan
Vol 25, No 2 (2018): JURNAL GEMA PENDIDIKAN FKIP UHO VOLUME 25 NO.2 JULI 2018

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN INKUIRI TERSTRUKTUR TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP REAKSI OKSIDASI-REDUKSI (REDOKS) PADA SISWA SMA NEGERI 1 KALEDUPA

Yuniati Tewa (Universitas Halu Oleo)
Nurlansi Nurlansi (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan pemahaman konsep redoks antara siswa yang mendapatkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri terstruktur. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Kaledupa sebanyak  77 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest posttest two group design. Pengumpulan data pemahaman konsep siswa menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest posttest dan  N-gain kelas yang menggunakan model inkuiri terbimbing secara berturut-turut adalah 32,5; 77,1 dan 0,67. Sedangkan nilai rata-rata pretest posttest  dan   N-gain kelas yang menggunakan model inkuiri terstruktur secara berturut-turut adalah 29,6; 73 dan 0,62. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan pemahaman konsep redoks antara siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri terstruktur. Dimana pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibanding siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terstruktur. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Terstruktur, Pemahaman Konsep, Reaksi Oksidasi-Reduksi   (Redoks)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...