Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat simetri bangun datar melalui penerapan model PAIKEM di kelas V SD Negeri 15 Baruga Kendari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat simetri bangun datar di kelas V SD Negeri 15 Baruga Kendari?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan evaluasi serta 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I ketuntasan belajar mencapai 64% dengan rata-rata kelas 74, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 92% dengan rata-rata kelas 77,4. Sementara itu, Hasil observasi aktivitas belajar siswa pertemuan pertama sebesar 59,7% dan 65,3% pada pertemuan kedua. Aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan pertama sebesar 63,9% dan kedua sebesar 84,7%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 91,7% dan aktivitas guru sebesar 94,4%. Disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi sifat-sifat simetri bangun datar di kelas V SDN 15 Baruga Kendari.Kata Kunci: Pembelajaran, Paikem, Materi Bangun Datar.
Copyrights © 2018