Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol 2, No 1 (2018): JURNAL NERACA

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 9 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Kurniati, Kurniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Strategi pembelajaran mnemonic adalah suatu teknik yang memudahkan penyimpanan,  penyandian, dan pengingatan terhadap informasi dalam memori. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran mnemonic terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran mnemonic terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Palembang. Variabel dalam penelitian ini yaitu penerapan strategi pembelajaran mnemonic sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebagai variabel terikat (). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan pengujian hipotesis uji ”t” pada taraf 95% (α 0,05). Berdasarkan hasil pembahasan, diketahui dari hasil tes bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai 85,5 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 78,125. Berdasarkan persamaan regresi Ŷ =78,125+7,375=85,5 hasil pengujian hipotesis melalui perhitungan uji diperoleh t hitung = 9,41> t tabel = 1,994, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berarti ada Pengaruh penerapan strategi pembelajaran mnemonic terhadap hasil belajar siswa pada pengujian menunjukkan besar pengaruh sebesar 53,14%, sedangkan selebihnya 46,86% dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...