Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol 2, No 1 (2018): JURNAL NERACA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA BAKTI BANGSA AIR SALEH

Januardi, Januardi (Unknown)
Gustiana, Anggi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Bakti Bangsa Air Saleh”. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Bakti Bangsa Air Saleh. Populasi penelitian ini berjumlah 191 responden dan sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas data dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data diketahui; 1) Hasil tes siswa kelas eksperimen, diketahui bahwa nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah 65 dengan rata-rata nila 85,15. Sedangkan hasil tes siswa kelas kontrol, diketahui bahwa nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah adalah 55 dengan rata-rata 77,03. 2) Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai t hitung  = 13, 28 lebih besar dari pada t tabel = 1,667. Dengan demikian, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Bakti Bangsa Air Saleh

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...