Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
Vol 4, No 2 (2017)

PENGARUH PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Yunita Yunita (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Whole Language berbasis lingkungan terhadap keterampilan menulis siswa di kelas V SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design. Penelitian ini menyelidiki pengaruh variabel bebas (whole language berbasis lingkungan) terhadap variabel terikat (keterampilan menulis). Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa/siswi kelas V SD Muhammadiyah Perumnas sedangkan sampel yang dipilih adalah seluruh siswa/siswi kelas V SD Muhammadiyah Perumnas sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat  pengaruh signifikan antara hasil keterampilan menulis siswa yang diajar dengan cara konvensional dengan pendekatan whole language berbasis lingkungan,  hal ini dapat dilihat dari hasil analisis statistik deskriptif dan peningkatan hasil keterampilan setelah diberi perlakuan. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan whole language berbasis lingkungan memiliki pengaruh  terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar setelah  diperoleh t Hitung = 6,63 dan t Tabel = 2,093 maka diperoleh t Hitung  t Tabel atau 6,63 2,093. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Pendekatan Whole Langage Berbasis Lingkungan

Copyrights © 2017