Toko cencen merupakan usaha yang bergerak dalam bidang penjualan berbagai macam produk fashion. Saat ini promosi penjualan produk dan pengolahan data penjualan yang dilakukan oleh Toko Cencen masih secara manual, belum menggunakan sistem penjualan secara online. Dimana pelanggan harus datang untuk melihat produk dan melakukan pembelian. Data penjualan dicatat pada nota penjualan dan direkap untuk pembuatan laporan penjualan. Sistem penjualan yang terjadi pada Toko Cencen Fashion perlu diperbaiki, supaya dapat bersaing dengan kompetitor lainnya yang sejenis dan dapat memberikan pelayanan yang baik serta memuaskan bagi setiap pelanggannya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang mendukung proses pemasaran dan penjualan suatu produk kepada pelanggan menggunakan metode Customer Relationship Management (CRM), berbasis web. Hasil dari penelitian ini dapat membantu Toko Cencen Fashion dalam mempromosikan produk, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, mendapat pelanggan baru, meningkatkan loyalitas pelanggan, memberikan pelayanan, dan kemudahan kepada pelanggan dalam mengakses produk yang ditawarkan. Selain itu, akan memudahkan Toko Cencen Fashion dalam menjual produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Kata Kunci: E-Commerce, Customer Relationship Management (CRM), Pelanggan, Toko Cencen
Copyrights © 2018