AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara self-efficacy dan kepemimpinantransformasional terhadap kesiapan perubahan pada guru di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan– Sidoarjo pada tahun 2018. SMA Muhammadiyah 3 Tulangan – Sidoarjo merupakan SMAswasta unggulan naungan Persyarikatan Muhammadiyah. Penerapan Teknologi Informasi (TI)sangat menunjang SMA Muhammadiyah 3 Tulangan – Sidoarjo dalam menjalankan kurikulum2013. Perubahan dalam berinovasi dibutuhkan untuk menjaga keunggulan kompetitif sekolah,keberhasilan harus diiringi dengan kesiapan perubahan. Keyakinan diri terhadap keberhasilan(self-efficacy) tentunya diperlukan terhadap kesiapkan setiap individu untuk berubah,disamping factor dalam diri individu factor dari luar yaitu kepemimpinan juga memperngaruhiindividu dalam perubahanPopulasi dari penelitian adalah sebanyak 45 guru tetap, Sampel yangdigunakan adalah sampel jenuh yaitu sebanyak 45 responden. Teknik pengujian data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah PLS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa selfefficacypara guru yang baik dan tinggi dapat meningkatkan tingkat kesiapan perubahan paraguru di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan – Sidoarjo. Hasil selanjutnya menunjukkan bahwakepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat memberikan kontribusi terhadapkesiapan perubahan para guru di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan - Sidoarjo.Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, teknologi informasi, Kesiapan Perubahan,Self- Efficacy
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018