Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 4 (2018): OKTOBER 2018

KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PADA TEMA 7 CITA-CITA KU SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITA KU KELAS IV SDN 1 UNGGUL LAMPEUNEURUT

Sartika Sartika. (Unknown)
Yoserizal Bermawi (Unknown)
M.Yamin M. Yamin. (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Dalam konteks kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, guru harus memiliki kemampuan meningkatkan kreativitas diri dalam proses pembelajaran. Karna dalam melaksanakan pembelajaran guru tidak cukup hanya berbekal materi pelajaran yang akan disampaikan saja, melainkan juga harus mampu mengelola pembelajaran dengan baik, mengunakan strategi dan metode yang baik, menggunakan evaluasi untuk mengetahui hasil pembelajaran,guru harus mampu merancang dan melaksanakannya. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada tema 7 cita-cita kuĀ  subtema 1 aku dan cita-cita ku kelas IV SDN 1 Unggul Lampeuneurut. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada tema 7 cita-cita ku subtema 1 aku dan cita-cita ku kelas IV SDN 1 Unggul Lampeuneurut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru kelas IV.data dikumpulkan mengunakan tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul diolah dengan tahap analisis data yaiu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari seluruh data. Hasil penelitian ini dikemukakan bahwa dari beberapa aspek kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, dua orang guru terlihat masih kurang dalam melaksanakan aspek-aspek kegiatan membuka pelajaran, dan menutup pelajaran dengan baik. Selain kedua guru diatas terdapat seorang guru yang lain yaitu guru yang sudah cukup baik dalam melaksanakan pembelajaran, mulai dari membuka pelajaran, melaksanakan proses, hingga menutup pelajaran sudah sangat baik dilaksanakan.

Copyrights © 2018