JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 3 (2018): December 2018

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMK

Mentari Ganiati (Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia)
Dede Nuryana (Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia)
Nazmy Fathia Thahira (Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia)
Hikmal Setiawan (Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia)
Wahyu Hidayat (Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa smk menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan pembelajaran biasa.metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen berbentuk kelompok pretes-protes sehingga memperoleh gambaran peningkatan tentang kemampuan pemecahan masalah menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW).instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write(TTW),tes bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan kemamampuan pemecahan masalah menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berdasarkan skor yang diperoleh.subjek penelitian adalah siswa kelas X di salah satu SMK dikota cimahi. Berdasarkan penelitian tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa sekolah menengah kejuruan dengan menggunakan strategi pembelajaran think talk write lebih baik signifikasinya daripada menggunakan pembelajaran biasa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...