Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Vol 8, No 2 (2018)

Pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kreativitas

Adi Apriadi Adiansha (Program Studi Pendidikan Guru SD, STKIP Taman Siswa Bima, Indonesia)
Muhamad Syarif Sumantri (Program Studi Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Makmuri Makmuri (Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Brain Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari kreativitas. Penelitian dilaksanakan di SDN Pantai Harapan Jaya 01 Kecamatan Muara Gembong, dengan menggunakan penelitian eksperimen desain treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa; 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan perlakukan model Brain Based Learning, 2) Terdapat interaksi model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kreativitas, 3) Kemampuan komunikasi matematis yang diberikan perlakuan model Brain Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan perlakuan model Ekspositori pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi, dan 4) Kemampuan komunikasi matematis yang diberikan perlakuan model Brain Based Learning lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang diberikan perlakuan model Ekspositori pada siswa yang memiliki kreativitas rendah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PE

Publisher

Subject

Education

Description

PREMIERE EDUCANDUM: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and ...