Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Teladan Vol.2 No.1 Mei 2017

PROSES KONEKSI MATEMATIKA SISWA IMPULSIF DI SMP NEGERI 5 TUBAN

Imam Saifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi proses koneksi matematika siswa SMP Negeri 5 Tuban yang memiliki gaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian bersifat kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah dua siswa dari 34 siswa di kelas VIII SMP Negeri 5 Tuban. metode pengumpulan data dilakukan melalui, MFFT, tes koneksi matematika dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah proses koneksi matematika siswa SMP Negeri 5 Tuban yang memiliki gaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah mempunyai karakteristik kurang cermat dalam mengerjakan soal. Siswa impulsif membutuhkan waktu relatif lebih singkat dalam menyelesaikan soal. Mereka cenderung langsung mengerjakan tanpa banyak pertimbangan, tidak melalui tahap merencanakan penyelesaian, buram perhitungan yang cenderung hanya sedikit, serta enggan memeriksa kembali penyelesaian yang telah ditemukan.

Copyrights © 2017